NEWS

PIA : Upaya Akselerasi Inovasi Pelayanan Publik Kota Pontianak

Jumat, 9 Juni 2023


Inovasi menjadi bagian penting dalam rangka menghadirkan pelayanan publik yang optimal kepada masyarakat. Pemerintah Kota Pontianak berkomitmen mendorong bertumbuhnya ekosistem inovasi dengan meningkatkan kapasitas ASN dalam berinovasi melalui pembelajaran dan pendampingan yang terintegrasi serta berkelanjutan.


Pontianak Innovators Academy (PIA) merupakan program pengembangan kemampuan dan kapasitas berinovasi dengan "Design Thinking Framework" bagi para ASN dilingkungan pemerintah Kota Pontianak. Kegiatan ini merupakan bagian program kolaborasi KLINIK INOVASI antara BAPPEDA Kota Pontianak bersama Pusat Pengembangan Inovasi dan Inkubator Bisnis Teknologi Universitas Tanjungpura.



Ada 3 sesi utama dalam kegiatan pelatihan PIA (Design Thinking Workshop) ini. Pertama, Emphatize Session yang berisi sesi untuk memahami permasalahan pengguna layanan publik pada instansi masing-masing. Di sesi kedua ada Define and Ideate Session. Pada sesi ini, para peserta diajak untuk mengeksplorasi ide dan merumuskan solusi inovatif berdasarkan masalah-masalah yang berhasil ditemukan dalam rangka menghadirkan inovasi yang nantinya akan diterapkan. Selanjutnya, Prototype & Test Session menjadi sesi akhir dalam rangkaian PIA. Sesi ini berisi tahapan validasi ide dan solusi yang dirumuskan dengan cara menjelaskan inovasi serta mengumpulkan feedback dari calon pengguna layanan.



Setiap sesi dalam PIA ini dilaksanakan sebanyak 1 kali per bulan. Lokasi pelaksanaan pelatihan pun bervariasi, mulai dari Ruang Teater Gedung Konferensi UNTAN maupun Ruang Aula BAPPEDA Kota Pontianak sehingga menghadirkan pengalaman tersendiri bagi para peserta yang mengikuti kegiatan. Para peserta yang merupakan ASN di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak antusias mengikuti sesi demi sesi pelatihan tersebut.



Dalam rangkaian PIA dihasilkan 168 ide inovasi yang kemudian divalidasi menjadi 47 inovasi yang siap diimplementasikan. Inovator lebih efektif dalam merumuskan inovasi yang berdampak. Program ini mengaktivasi semangat para ASN untuk menghadirkan inovasi yang tidak hanya sebagai bagian dari pekerjaan, namun juga peluang berkontribusi untuk kemanfaatan dan kebaikan bagi banyak orang. PIA juga mendorong para inovator untuk berpikir holistik dan terbuka dengan kolaborasi bersama berbagai pihak. Ini akan mendorong implementasi inovasi yang lebih efisien dan berkelanjutan.