NEWS

Perkuat Program Inovasi Kampus, PPIIBT UNTAN Gandeng DIH UNS

Selasa, 5 September 2023


Pengelola Pusat Pengembangan Inovasi dan Inkubator Bisnis Teknologi Universitas Tanjungpura (PPIIBT UNTAN) bertandang ke Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta pada 30 - 31 Agustus 2023 untuk mengikuti Capacity Building dalam bidang Inovasi Perguruan Tinggi. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah dalam rangka pengembangan kapasitas tim pengelola PPIIBT UNTAN serta penguatan program inovasi kampus yang nantinya akan diimplementasikan dari hasil pelatihan hilirasi dan studi kerja (benchmarking) infrastruktur inovasi UNS. Capacity Building ini juga merupakan bentuk kerjasama antara PPIIBT UNTAN dengan Direktorat Inovasi dan Hilirisasi (DIH) UNS.


Pelatihan hilirisasi riset dan penguatan kelembagaan inkubator bisnis ini dilaksanakan di Gedung Haris Mudjiman - UNS Innovation Hub. Tim pakar (expert) dari DIH UNS menjelaskan secara mendalam dan aplikatif berbagai topik utama dalam pelatihan ini, diantaranya: 1) Model Komersialisasi dan Hilirisasi Hasil Riset; 2) Program Hilirisasi dan Pendampingan Karya Inovasi; 3) Manajemen Inkubator; 4) Budaya Organisasi; 5) Citra Inkubator; serta 6) Program Inkubasi Bisnis dan Pendampingan Startup Inovasi.


Selanjutnya, tim PPIIBT berkunjung ke Pusat Pengembang Bisnis (PUSBANGNIS) untuk melihat langsung proses produksi dan bisnis perusahaan rintisan berbasis Inovasi di UNS. Kegiatan juga diisi dengan Sharing Session dari salah satu Inventor UNS (Prof. Agus Purwanto, Peneliti Baterai Lithium Pertama Indonesia) dan CEO Startup yang memasarkan produk inovasi tersebut (Muhammad Ihsan, PT Batex Energi Mandiri) untuk berbagi pengalaman dalam komersialisasi riset dan karya inovasi.


Tim PPIIBT UNTAN juga berkesempatan mengunjungi Solo Technopark yang menjadi pusat pengembangan inovasi dan bisnis di Kota Surakarta. Seluruh rangkaian Capacity Building ini diharapkan dapat memperkuat program dan strategi karya inovasi berbasis riset untuk dapat dikomersialisasikan sebagai produk unggulan UNTAN.