BERITA

Perkuat Ekosistem Inovasi Produk Unggulan, LPPM UNTAN Gandeng Gama Multi Group

Kamis, 7 Juli 2022


Kemajuan teknologi secara global saat ini telah mendorong upaya-upaya komersialisasi hasil riset Perguruan Tinggi menuju inovasi yang menjawab kebutuhan pasar serta sebagai solusi dari permasalahan yang dihadapi masyarakat. Hal ini juga merupakan alasan mendasar dari pentingnya produktivitas riset yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa. Pusat Pengembangan Inovasi dan Inkubator Bisnis Teknologi (PPIIBT) yang berada di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Tanjungpura (LPPM UNTAN) mengambil peran dalam rangka penguatan ekosistem inovasi di kampus, khususnya dalam rangka hilirisasi hasil riset menjadi produk inovatif unggulan, salah satunya dengan menjalin kerja sama dengan PT. Gama Multi Usaha Mandiri (Gama Multi Group).


Adapun Gama Multi Group adalah perusahaan holding dan investasi milik Universitas Gadjah Mada yang bergerak di berbagai sektor usaha. Sebagai bagian dari UGM, seluruh unit usaha dan anak perusahaan yang tergabung dalam Gama Multi Group didirikan dengan kesamaan misi yaitu menumbuhkembangkan entrepreneurship dan memberikan kontribusi terbaiknya untuk membantu UGM dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.


Kerja sama ini dinilai strategis dan sinergis dengan Langkah UNTAN dalam rangka memperkuat ekosistem inovasi, terutama dalam pengembangan produk herbal berkualitas yang menjadi unggulan UNTAN. Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara LPPM UNTAN dan Gama Multi Group ini sekaligus dirangkai dengan Capacity Building tim PPIIBT UNTAN yang juga diikuti tim Pra-Startup DABAYAK. Kegiatan yang dilaksanakan pada 6-7 Juli 2022 di Hotel UC UGM, Yogyakarta ini berisi kegiatan Studi Banding dan Pelatihan Good Manufacturing Practices (GMP) Produk Herbal.


Materi Capacity Building ini langsung diberikan oleh praktisi Gama Multi Group, diantaranya: Direktur Utama PT. Gama Multi Usaha Mandiri (Drs. Ibnu Gunawan, M.M.), Manajer Inkubator (Sonny Ashadi Kurniawan), Manajer Unit Gama Konsultan (Slamet Sujarwa, S.T., M.T.) serta Ibu apt. Indrawati Kurniasetyani, M.Pharm, Sci. selaku pengelola PT. Swayasa Perkasa, anak perusahaan Gama Multi Group yang bergerak dalam bidang produksi obat herbal dan alat kesehatan (medical devices), sebagai upaya hilirisasi hasil riset dan inovasi Universitas Gadjah Mada.


Selanjutnya, Tim UNTAN yang dipimpin oleh Ketua PPIIBT, Dr. Nelly Wahyuni, S.Si., M.Si. juga melakukan kunjungan ke unit-unit bisnis dan inovasi UGM, diantaranya: Innovative Academy, Center of Enterpreneur Development, GIB hingga ke kawasan Science Techno Park (STP) UGM.


Kedepannya, kerja sama antara UNTAN dan Gama Multi Group ini dapat terjalin secara berkelanjutan dalam rangka saling memperkuat ekosistem inovasi produk unggulan karya anak bangsa.