BERITA

Kolaborasi Bersama The Local Enablers, Tim IBT UNTAN Pelajari Creative Ecosystem dan Design Thinking

Senin, 18 Juli 2022


Inkubator Bisnis Teknologi Universitas Tanjungpura (IBT UNTAN) terus berupaya mengembangkan jejaring, kompetensi maupun kapasitasnya sebagai bagian dari peningkatan kualitas pendampingan bisnis dan manajemen pengelolaan inkubator yang lebih baik. Agenda Capacity Building Management menjadi salah satu strategi untuk mendukung pengelolaan IBT UNTAN, baik dari segi kualitas SDM maupun model inkubasi bisnis yang akan dilaksanakan kedepannya.


Menyambut upaya peningkatan kualitas tersebut, para manajer pengelola IBT UNTAN berkesempatan untuk belajar sekaligus berkolaborasi dengan mitra yang telah berpengalaman serta memberikan dampak positif dalam ekosistem bisnis inovasi nasional dalam Creative Ecosystem dan Workshop Design Thinking. Kegiatan ini dilaksanakan di Rumah Kolaborasi The Local Enablers (TLE) Bandung, pada 15-16 Juli 2022.


TLE adalah ekosistem inklusif yang dirancang sebagai model pengembangan kewirausahaan pemula (perusahaan rintisan) berbasis kewirausahaan sosial. Sebagai ecosystem builder, TLE memiliki beragam unit bisnis, diantaranya: Sekolah Pemberdaya, TLE Research, TLE Community and Product Development (COMPROV), Agility Transformation, Discovery Project (DIRECT) serta yang terbaru, TLE Digital.


Dalam kegiatan Creative Ecosytem, tim TLE menjelaskan model ekosistem inklusif yang diimplementasikan dalam berbagai aktivitasnya. Tidak hanya duduk diskusi di Rumah Kolaborasi, tim TLE juga memberikan pengalaman dengan Creative Tour dan berdiskusi dengan Founder usaha rintisan jejaring TLE, diantaranya: SEROJA BAKE (Bakery Lokal dengan Pendekatan Kontemporer, berlokasi di Kawasan Cihapit), Galunggung Farm (Produk Beras Organik yang memberdayakan petani lokal), Eggy (Inovasi Telur Asin Pedas) serta kunjungan ke The Hallway Space (Local and Creative Raw Space yang bertumbuh di Lt. 2 Pasar Kosambi Bandung) hingga obrolan kreatif di Kupat Tahu Legendaris Pasar Cihapit. Tim IBT UNTAN juga berkesempatan hadir dalam event Talkshow Indonesia Creative Cities Network di Simpul Space #4, Bandung Creative City Forum di Kawasan Braga.


Aktivitas di hari berikutnya adalah Workshop Design Thinking yang dipandu langsung oleh Pak Dwi Indra Purnomo (Design Thinking Trainers sekaligus Founder dari TLE). Dalam workshop ini dijelaskan berbagai hal terkait dengan bagaimana Design Thinking di aplikasikan untuk beragam kebutuhan, urgensi dari implementasi OKRs (Objective and Key Results) dalam sebuah organisasi bisnis hingga praktik beberapa canvas inovatif, diantaranya: IDEO Purpose Wheel Framework, The Starfish Model, Rapid Road Mapping Canvas dan lain sebagainya. Learning Journey bersama TLE ini memberikan pengalaman dan inspirasi bagi tim IBT UNTAN untuk meningkatkan pengelolaan serta perannya sebagai ecosystem builder lokal agar lebih berdampak positif serta dapat terus menghadirkan manfaat yang berkelanjutan. INOVASI, KOLABORASI, AKSELERASI!