BERITA

PPIIBT UNTAN dan BAPPEDA Kota Pontianak Jalin Kolaborasi Hadirkan Klinik Inovasi

Rabu, 29 Juni 2022


Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Pontianak melalui bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) menjalin kerja sama peningkatan inovasi daerah dengan Pusat Pengembangan Inovasi dan Inkubator Bisnis Teknologi Universitas Tanjungpura (PPIIBT UNTAN) melalui hadirnya Klinik Inovasi Tematik Bersame "KITE BISE". Klinik Inovasi ini akan jadi ruang kolaborasi dan pemantapan inovasi perangkat daerah Kota Pontianak dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Bidang Litbang BAPPEDA Kota Pontianak, Eko Prihandono menjelaskan Klinik Inovasi ini merupakan bentuk pembangunan pentahelix, di mana perencanaan hingga pembangunan kota melibatkan unsur pemerintah, akademisi, komunitas, swasta dan media massa. Lewat kolaborasi ini, diharapkan inovasi yang dibuat pemerintah lebih tepat sasaran dan menjawab kebutuhan masyarakat. "Muaranya tetap ada di pelayanan publik. Bagaimana inovasi OPD yang sudah ada atau muncul inovasi baru yang dari sisi akses, hasil dan dampaknya, benar-benar memudahkan masyarakat," kata Eko Prihandono, Rabu (29/6/2022) dalam rapat koordinasi di co-working space IBT UNTAN.


Selain mengembangkan inovasi perangkat daerah, BAPPEDA Kota Pontianak juga berupaya menggandeng startup lokal dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Kedua hal tersebut merupakan objek kerja dari Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) UNTAN. Ketua PPIIBT UNTAN, Dr. Nelly Wahyuni didampingi Manajer IBT, Fahrurrazi beserta tim menyambut baik kolaborasi ini. Klinik Inovasi diharapkan dapat menjadi role model kontribusi Perguruan Tinggi, dalam hal ini UNTAN, bagi kemajuan daerah.

Eko Prihandono menjelaskan peningkatan inovasi daerah dan pembentukan ekosistem startup lokal saat ini menjadi fokus Pemkot Pontianak. Hal ini ditunjukkan lewat Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) Kota Pontianak yang masuk 15 besar kota tingkat nasional dan Indeks Inovasi Daerah yang berada di kategori inovatif. Inisiasi kolaborasi Klinik Inovasi ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Focus Group Discussion yang diselenggarakan oleh IBT UNTAN dalam event Incubator's Day pada Desember 2021 lalu. Diharapkan produktivitas inovasi yang bermanfaat untuk kemajuan kota semakin meningkat sehingga memberikan dampak positif yang lebih luas