NEWS

Sinergi Ekosistem Bisnis dan Inovasi Lokal, IBT UNTAN Sukses Gelar Startup and Innovation Summit

Rabu, 27 Desember 2023


Startup and Innovation Summit yang digelar oleh Inkubator Bisnis Teknologi Universitas Tanjungpura (IBT UNTAN) pada 21 Desember 2023 lalu, bertujuan untuk mensosialisasikan konsep kerja, capaian dan program unggulan dalam rangka membangun sinergi bersama stakeholders “HEXAHELIX” (Pemerintah, Akademisi, Bisnis/Industri, NGO, Komunitas, Media). Rangkaian agenda SIS, antara lain: Keynote Speech bertema Startup & Inovasi, Focus Group Discussion (FGD), Local Startup Exhibition Produk / Jasa Unggulan dari Tenant maupun Startup Mitra serta Networking Session sebagai wadah berjejaring bagi Startup bersama Stakeholders untuk membuka kesempatan dalam bekerjasama maupun berkolaborasi.


Mengusung tema "Growing Together for Better Impact", Keynote Speech menjadi sesi yang menarik dalam SIS ini. Bapak Dr. Sulakhudin, S.P., M.P., sebagai Inventor PT. Mitra Agro Inovasi memaparkan materi bertajuk "Innovation for Impact: Mirova's experience in creating impactful innovations". Sementara itu, Ahmad Kamel, S.Kom. selaku Managing Director Qara’a mengupas tuntas tentang "Startup and Technology for Impact". Adapun dalam kesempatan ini, IBT UNTAN menyampaikan piagam penghargaan sebagai apresiasi kepada mitra kerjasama di tahun 2023, diantaranya: PT Pertamina Patra Niaga DPPU Supadio dan Balai Standardisasi Pelayanan Jasa Industri (BSPJI) Pontianak. Selain itu, disampaikan pula piagam penghargaan kepada tenant binaan IBT UNTAN, yaitu: Qara’a (Impactful Startup) dan Betukang.id (Energetic Startup).


Selanjutnya, diadakan Focus Group Discussion yang dimulai dengan pemaparan materi pemantik dari Manajer IBT UNTAN, Fahrurrazi, S.E., yang lebih banyak membahas peluang maupun tantangan riset, inovasi hingga startup. Para peserta yang berasal dari berbagai perwakilan Lembaga yang hadir, terlihat antusias dalam mengikuti sesi ini.


Dalam SIS ini juga dihadirkan Local Startup Exhibition yang menghadirkan tenant binaan IBT UNTAN, maupun Startup Mitra. Dari kategori tenant diikuti oleh PT. Mitra Agro Inovasi, Osmotech Water, Sylvamiko, Virtual Studio, EPIC Learning, Rekan Belajar Indonesia, Socialing Digital Agency, Kebun Komunal, Masjid Enterprise serta KACAK Group. Di kategori Startup Mitra ada Juragan Coffee, Arcia, Kalara Borneo, Akimichi House, Kukerja, Bujang Kurir serta PAXEL.