NEWS

IBT UNTAN Bangun Jejaring Ekosistem Inovasi Global

Rabu, 24 Mei 2023


Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) Universitas Tanjungpura yang pada awal tahun 2023 meraih Top Challenger Incubation Program - Asia Pacific oleh UBI GLOBAL, lembaga penilaian serta pemetaan inkubator dan akselerator bisnis dunia, mendapatkan kesempatan untuk mengikuti World Incubation Summit (WIS) pada 14 - 17 Mei 2023 di Ghent, Belgia.


Dipilihanya Ghent didasarkan pada visi kota ini yang ingin menjadi ibu kota teknologi Eropa. Sejumlah tech-startup mengembangkan bisnis, inovasi dan teknologinya di kota ini. Konferensi empat hari tersebut berlangsung di Wintercircus: pusat inovasi, teknologi, dan kewirausahaan Flanders. Secara total, sekitar 200 pemimpin inovasi dari 30 negara dan sekitar 50 perwakilan dari ekosistem startup Belgia berkumpul untuk berjejaring dan belajar tentang inovasi dan bisnis (entrepreneurship). Delegasi IBT UNTAN pada WIS ini adalah Fahrurrazi, S.E. (General Manager) dan Ridho Brilliantoro, M.Si. (Manager of Development and Partnership).


The World Incubation Summit (WIS) 2023 dilaksanakan dengan mengusung tema membangun jembatan menuju keunggulan. Ini merupakan konferensi internasional yang mengundang inkubator dan akselerator eksklusif dari seluruh dunia untuk berbagi wawasan, membentuk kemitraan kolaboratif, dan menemukan solusi dan mitra berkelanjutan untuk berkontribusi pada keunggulan organisasi mereka. Dalam WIS ini juga mengundang secara khusus berbagai perusahaan internasional, entitas pemerintah, dan lembaga inovasi yang mencari peluang untuk berkolaborasi dengan komunitas inkubasi bisnis global. Selain itu, kunjungan ke ITF World sebagai expo teknologi terbesar yang di helat oleh imec di Antwerpen juga merupakan rangkaian kegiatan WIS 2023.


WIS 2023 dibuka secara resmi oleh Prime Minister of Belgium, Alexander De Croo yang menyampaikan pidato inspiratif. Diceritakannya, Belgia saat ini merupakan salah satu pionir untuk berbagai pengembangan teknologi di Eropa bahkan dunia. Teknologi-teknologi tersebut antara lain; Wind Turbin, Renewable Energy, Semiconductor dan lain-lain. Dengan keterbatasan potensi Sumber Daya Alam (SDA), mendorong Belgia mengarahkan fokus teknologi yang dibutuhkan dunia dan eropa. Alexander De Croo menyatakan bahwa, SDA (Sumber Daya Alam) kami adalah SDM (Sumber Daya Manusia) yang kami punya. Oleh karena itu, berbagai program dan kebijakan diarahkan pemerintah untuk mendukung penyiapan dan penumbuhan SDM-SDM yang mampu mendukung pengembangan Teknologi yang menjadi prioritas saat ini dan masa depan.


Delegasi IBT UNTAN berbagai rangkaian konferensi, workshop dan Best Practices dengan tema-tema menarik, antara lain: Universities and Entrepreneurship, Talent, Globalization, ESG (Environmental, Social and Governance) Strategies, Fundraising, Seed Funding, Sponsorship, Incubator Toolbox, dan Tech-startups Development. Keikutsertaan IBT UNTAN dalam WIS 2023 ini membuka potensi jejaring global dalam pengembangan program inkubasi bisnis yang nantinya akan diimplementasikan. Selain itu, IBT UNTAN mendapatkan akses platform inkubasi bisnis global yang bermanfaat dalam peningkatan kapasitas, pengetahuan serta wawasan dalam mengelola kelembagaan inkubator bisnis berbasis inovasi dan kreativitas sehingga diharapkan dapat mendorong lebih banyak startup teknologi yang menghadirkan solusi inovatif bagi kesejahteraan masyarakat; "The Rise of Local Innovation".