NEWS

PINAWASTE, SERPI dan SAMPAH MARKET Jadi BEST 3 USB 2022

Senin, 26 September 2022


Seluruh rangkaian kegiatan UNTAN STARTUP BOOTCAMP (USB) 2022 telah selesai dilaksanakan. 10 Finalis mengikuti beberapa tahapan yang telah diprogramkan. Dimulai dari INTENSIVE BUSINESS WORKSHOP yang dilaksanakan pada 17-18 September 2022 di Ruang Teater 2 Gedung Konferensi UNTAN. Workshop ini berisi beragam materi manajemen bisnis komprehensif. Para finalis diajak untuk merasakan pengalaman baru dalam workshop dengan LEARNING JOURNEY yang di desain tim IBT UNTAN. Selanjutnya, brainstorming lebih dalam tentang bisnis hadir dalam sesi EPIC BUSINESS MINDSET dan THE POWER OF VALIDATION.

Learning Journey USB 2022 semakin seru saat IBT UNTAN menghadirkan pengalaman CREATIVE STARTUP TOUR kepada para finalis. Destinasi yang dituju adalah basecamp/office @qaraa.id (PT. Kreasi Putra Hotama) dan @rotigembulofficial (PT. Hexa Berkah Khatulistiwa) masing-masing sebagai studi kreatif pengelolaan perusahaan rintisan digital dan non-digital. Para finalis diajak untuk belajar langsung dari founder startup, terutama dari pengalaman merintis, mengelola hingga mengimplementasikan strategi bisnis dalam berbagai momentum.

Perjalanan belajar para Finalis USB 2022 berlanjut di Workshop hari ke-2. Beberapa materi inti manajemen bisnis diberikan oleh para Narasumber, diantaranya: BUSINESS MODEL & TEAM CANVAS, TECH-CULTURE, COMMUNICATION HACKS, serta THE GREAT PITCHING. Agar lebih memahami materi-materi tersebut, para Finalis juga belajar untuk mengisi beberapa Business Canvas, dengan didampingi oleh 4 orang Facilitator. Suasana Workshop semakin seru dengan berbagai "games/icebreaking" serta 1 Minutes Pitching Challenge oleh para Finalis. Setelah mengikuti rangkaian Intensive Business Workshop ini, para Finalis bersiap untuk memasuki sesi 1-on-1 Mentoring bersama Facilitator selama 1 pekan hingga memasuki fase PITCHING & AWARDING DAY di pekan selanjutnya.



10 Finalis USB 2022 mengikuti sesi Final Pitching dihadapan Dewan Juri. Berbekal pengetahuan serta skill yang telah diasah selama workshop dan mentoring, para finalis berupaya menyajikan yang terbaik dalam salah satu proses penilaian puncak ini. Terima kasih kepada Dewan Juri yang telah bersedia memberikan saran dan feedback yang membangun bagi para finalis, yaitu: Dr. Nelly Wahyuni (Ketua PPIIBT-LPPM UNTAN), M. Hafiz Waliyuddin (Founder & CEO Angkuts), Ikhlas Amaluddin (Ketua Pontipreneur & CEO Amazing Borneo) dan Fahrurrazi (Manajer IBT UNTAN).

Dari keseluruhan penilaian selama rangkaian kegiatan USB dari Submission hingga Pitching Day, Dewan Juri USB 2022 menetapkan 3 tim terbaik yang menjadi jawara dalam USB 2022 ini. Mereka adalah PINAWASTE, SERPI dan SAMPAH MARKET yang berhak mendapatkan Dana Pembinaan Bisnis senilai 5 juta rupiah serta menjadi calon tenant IBT UNTAN tahun 2022. Selain itu, ketujuh finalis USB 2022 juga mendapatkan apresiasi berupa Dana Pembinaan Bisnis senilai 2 juta rupiah.

Awarding Day menjadi momen berakhirnya seluruh program USB 2022. Namun, ini bukanlah akhir perjalanan, karena perjalanan baru dimulai! NEW JOURNEY BEGINS !!! Seluruh startup yang mengikuti rangkaian USB ini, akan tetap masuk dalam ekosistem bisnis UNTAN dengan berbagai program lanjutan maupun program kemitraan yang dibangun.



IBT UNTAN berterima kasih atas dukungan penuh UNIVERSITAS TANJUNGPURA dalam memberikan ruang untuk tumbuh dan berkembang mengasah skill kreativitas, inovasi dan kolaborasi! Siap BELAJAR dan BERDAYA! "START - ACTION - IMPACT"