NEWS

Berdaya Academy Sukses Digelar, Upaya Peningkatan Kapasitas Wirausaha Mitra Binaan

Senin, 14 Agustus 2023


Mengusung tema "Memberi Energi untuk Mengakselerasi", Berdaya Academy 2023 sukses digelar. Kegiatan kolaboratif antara PT Pertamina Patra Niaga DPPU Supadio dan Inkubator Bisnis Teknologi Universitas Tanjungpura (IBT UNTAN) ini dilaksanakan pada 12 - 13 Agustus 2023 di Transera Hotel Pontianak dengan metode training "Bootcamp". Sebanyak 16 orang yang berasal dari kelompok masyarakat serta UMKM binaan CSR Pertamina DPPU Supadio antusias dan semangat mengikuti bootcamp intensif yang menghadirkan narasumber berpengalaman di bidang manajemen bisnis, pemasaran, SDM, operasional usaha, keuangan hingga aktivasi usaha digital.


Menurut Reza Fardiansyah (Comdev Officer Pertamina DPPU Supadio), Berdaya Academy memiliki 3 tujuan utama, yaitu: 1) Meningkatkan kapasitas SDM mitra kelompok UMKM baik dalam pengetahuan, kompetensi dan pengalaman dalam menjalankan usahanya; 2) Memperluas wawasan dan informasi mengenai pengembangan bisnis dan produk usaha yang dijalankan; serta 3) Meningkatkan akselerasi dan inovasi bagi mitra kelompok UMKM.


IBT UNTAN merancang kurikulum intensif untuk memberikan pengalaman kepada para peserta Berdaya Academy. Workshop tidak hanya berbentuk teori, tetapi juga diisi dengan praktik dan permainan (games) edukatif. Narasumber yang mengisi sesi-sesi Berdaya Academy juga berasal dari para expert dan praktisi bisnis, diantaranya: Fahrurrazi (Creative Educator & Manajer IBT UNTAN), Ridho Brilliantoro (Founder & CEO Pontinesia), Harry Dirgantara (Manajer Roti Bahagia), Hendi Gusnadi (Creative Director PT Dedikasi Insan Kreatif) serta Risya Sasri (Manajer Bidang Akses Pemasaran IBT UNTAN).



Adapun para peserta berasal dari 7 kelompok mitra binaan, yaitu: Kelompok Stick Udang Mentari, Kelompok Papan Partikel dan Cocopeat, Kelompok Berembang Organic Soap, Kelompok Taman Emas Pertamina, Kelompok Patra Berdikari, Kelompok Kader Sahabat Patra dan Kelompok Pra-UMKM. Pengetahuan - Keterampilan - Pengalaman merupakan 3 kata kunci yang menjadi fondasi nilai dari Berdaya Academy. Program ini diharapkan dapat menciptakan kemandirian ekonomi bagi seluruh kelompok binaan CSR Pertamina DPPU Supadio dalam program berkelanjutan.