BERITA

Tingkatkan Strategi Bisnis Efektif Melalui Workshop Business dan Action Plan

Jumat, 2 Oktober 2020


Inkubator Bisnis Teknologi Universitas Tanjungpura (IBT UNTAN) menggelar Workshop Business Plan, Business Model Lengkap, Business Model Canvas dan Action Plan for Startup pada hari Kamis (17/09). Workshop merupakan rangkaian Program Pra-Tenant dan kegiatan Rekrutment Tenant IBT UNTAN Tahun 2020. Peserta dalam workshop ini adalah 12 Startup yang telah mengikuti Seleksi Wawancara Tahap I yang diselenggarakan sebelumnya..


Tujuan dari penyelenggaraan workshop ini adalah agar para pengusaha pemula (startup) dapat meminimalisi resiko kegagalan bisnis, mempersiapkan rencana bisnis yang baik, mengetahui model bisnis yang efektif dan efisien dan selanjutnya merancang rencana aksi usaha yang akan dieksekusi dalam rentang waktu yang ditentukan.


Business model ialah proses keseluruhan operasi untuk dapat menjalankan usaha. Hal penting untuk menghasilkan bisnis model ialah dengan mengetahui produk apa yang dihasilkan, bagaimana strategi promosi dan juga distribusinya, serta bagaimana strategi harga yang ingin digunakan. Manfaat model bisnis adalah untuk mengetahui target pasar dan memahami produk yang harus diciptakan. Latihan yang diberikan kepada para peserta adalah dengan membuat rencana model bisnis yang sesuai dengan usaha/startup yang sedang dijalankan.


Kegiatan workshop menghadirkan narasumber dari Para Pengelola IBT UNTAN yang memiliki sertifikasi kompetensi pendamping kewirausahaan dari Badan Nasional Sertifikasi Kompetensi. Selain itu, hadir pula narasumber tamu, yakni Fajar Irvan Setyawan (Founder/CEO MADA dan praktisi pada bidang logistik) yang membahas hal-hal teknis terkait Business Model Canvas.


Thank you, all mentors and participants!