BERITA

UNTAN Raih Hibah Pendanaan Fasilitasi Pengembangan Kelembagaan IBT Kemenristekdikti Tahun 2019

Senin, 27 Agustus 2019


Tepat pada tanggal 11 April 2019 bertempat di Hotel JW Mariot Surabaya dilakukan penandatangan dan kick-off program bantuan fasilitasi pengembangan kelembagaan IBT tahun 2019 melaui Direktorat Kawasan Sains dan Teknologi dan Lembaga Penujang Lainnya Kemenristekdikti. Universitas Tanjungpura menjadi salah satu dari 20 Universitas terpilih dari seluruh Indonesia yang mendapatkan fasilitasi pengembangan kelembagaan IBT. Dalam program fasilitas pengembangan kelembagaan IBT tahun 2019 akan dilaksanakan berbagai pelatihan dan workhsop terkait konsep dasar inkubator dari Infodev World Bank Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia, Business Plan dan Business Model Canvas (BMC), penyusunan Standart Operational Procedure (SOP) dan Action Plan, penyusunan Focus Group Discussion (FGD) dan Business Matching serta mengikuti program magang inkubator ke Luar Negeri di Finlandia.

IBT UNTAN merupakan lembaga yang melakukan proses inkubasi pada perusahaan pemula / start-up berbasis teknologi di lingkungan Universitas Tanjungpura. IBT UNTAN memiliki visi menjadi Inkubator Bisnis Teknologi yang Berdaya Saing di Tingkat Regional Kalimantan Tahun 2024. Dalam mewujudkan visi tersebut IBT UNTAN menjalankan misi menumbuhkembangkan perusahaan pemula berbasis teknologi; memberikan layanan & fasilitas yang terintegrasi dalam rangka menghasilkan tenant yang profitable & suistanable; dan membangun sinergi & kolaborasi dengan berbagai stakeholder.

Tujuan startegis IBT UNTAN yang tertuang dalam Business Plan adalah menjadi inkubator bisnis teknologi yang berperan dalam menciptakan ekosistem inovasi & start-up teknologi yang dapat memberikan kontribusi bagi perbaikan kualitas lingkungan, sosial & ekonomi masyarakat serta menjadi inkubator bisnis teknologi yang inovatif dan produktif dalam menghasilkan tenant yang berdaya saing melalui sinergi & kolaborasi dengan berbagai stakeholder.

Universitas Tanjungpura mulai memelopori program kewirausahaan mahasiswa pada tahun 2007 melalui Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). Pada tahun tersebut UNTAN menghasilkan banyak mahasiswa yang sukses dalam berwirausaha secara mandiri baik tingkat lokal maupun di tingkat nasional. Pada tahun 2015 berdiri Pusat Inkubator Bisnis (PIB) Fakultas Ekonomi yang menjadi peggerak program inkubasi dan kewirausahan tidak hanya di level Fakultas tetapi juga di level Universitas. Pada tahun 2017 secara resmi UNTAN mendirikan inkubator yang diakui oleh Universitas melalui SK Rektor.

IBT UNTAN melaksanakan berbagai program kompetesi ide bisnis, pendampingan, mentoring dan pameran bisnis guna menjaring pengusaha potensial yang dapat mengikuti program inkubasi sebagai tenant IBT. Salah satu event tahunan yang dilaksanakan oleh IBT UNTAN adalah Untan Innovation and Entrepreneurship Expo (UNIEX) sebagai ajang promosi dan memperkenalkan pengusaha pemula / start-up UNTAN dengan calon mitra dan stakeholder. IBT UNTAN memliki 4 tenant perusahaan pemula yang sedang mengikuti program inkubasi yakni Rumah UPPO, Angkuts, Berkahbarang.id dan Pontinesia. Pada tahun 2019 ini tenant IBT tersebut berkesempatan mengikuti seleksi program hibah bantuan dana Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PBBT) untuk tahun 2020 dari Kemenristekdikti senilai 300 hingga 450 juta. IBT UNTAN kembali membuka kesempatan kepada startup inovatif untuk menjadi tenant IBT UNTAN melalui progam Calling for Tenant periode 2020.