NEWS

Incubator's Day 2019: Focus Group Discussion & Business Matching

Sabtu, 5 Oktober 2019


Dalam rangka menumbuhkan kembangkan ekosistem inovasi dan kewirausahaan di lingkungan Universitas dan daerah, #ibtuntan berkolaborasi dengan berbagai stakeholder terkait, seperti pemerintah, pengusaha, masyarakat dan media. . Acara bertema "Kolaborasi dan Sinergi dalam Membangun Ekosistem Inovasi" ini dihadiri oleh Rektor beserta jajaran pimpinan Universitas Tanjungpura, perbankan, pemerintah, mitra, investor dan stakeholder terkait lainnya. Beberapa startup yang hadir diantaranya yaitu start up @rumahuppo, @berkahbarang.id @pontinesia @angkuts @papon.id @enggangindonesia dan beberapa startup lain yang telah mendapat pendampingan dari IBT Untan.

. Manajer IBT Untan Fahrurrazi mengatakan, sebagai inkubator bisnis dan teknologi, pihaknya fokus memberikan pendampingan dari teknis hingga pemasaran. "Untan menyediakan bimbingan berbasis teknologi dengan fasilitas fisik yang menyediakan pelayanan terpadu di bidang kewirausahaan, teknologi, akses pendanaan, fasilitas pemasaran dan manajemen. Namun tetap mengusung kekuatan nilai akademik dan pola ilmiah pokok Universitas Tanjungpura," ujarnya.

. Dia menyampaikan pengusaha mengalami masa-masa yang sulit dan terus hanya menjadi usaha kecil. Inkubator Bisnis dan Teknologi melakukan pendampingan agar usaha tumbuh dan berkembang. Bagian rangka pendampingan dilakukan IBT Untan yaitu Inkubasi, Fasilitasi, Hilirisasi dan Sinergi

. Rektor Untan, Prof Garuda Wiko mengutarakan perlunya eksekusi dari rencana yang telah dibuat dalam pendampingan yang telah dilakukan IBT Untan kepada para pengusaha startup. Dia juga mendorong para mahasiswa Untan untuk terjun menggeluti bidang startup ini. Bahkan Untan akan memberikan perhatian khusus kepada mereka. "Sebenarnya menarik membicarakan soal entrepreneurship. Kami ingin adik-adik peserta pelatihan ini menjadi pengusaha mandiri. Karena itu pada wisuda Untan yang akan datang, para wisudawan Untan yang berprestasi di bidang startup akan kita beri apresiasi. Akan kita dudukkan sejajar dengan mahasiswa lulus tercepat dan IPK tertinggi,"ucapnya disambut dengan tepuk tangan para peserta FGD.